Sosialisasi Studi dan Beasiswa di Prancis dan Sharing Season Awardee IISMAVO 2023 Politeknik Negeri Padang

Sosialisasi Studi dan Beasiswa di Prancis dan Sharing Season Awardee IISMAVO 2023 Politeknik Negeri Padang

 

Bertempat di Gedung C Lantai 2 Politeknik Negeri Padang, hari Selasa, 5 Maret 2024, dilaksanakan sosialisasi studi dan beasiswa di Prancis. Sosialisasi ini menghadirkan Nur Fitria sebagai Penanggung Jawab Campus France Jakarta. Pada kegiatan yang berlangsung selama hampir 2 jam ini diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir seluruh jurusan di PNP.

Nur Fitria sebagai penanggung jawab Campus France Jakarta  dalam pemaparannya menjelaskan apa itu Campus France. Dijelaskan bahwa Campus France merupakan pusat informasi pendidikan tinggi di Prancis dan kerja sama universitas yang memiliki empat kantor Campus France di Indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan). Campus France juga membimbing proyek studi dan mendampingi proses aplikasi ke Perguruan Tinggi Negeri hingga pengajuan visa pelajar jangka Panjang.

 

 

Nur Fitria juga memaparkan peluang-peluang beasiswa yang bisa didapatkan oleh calon-calon mahasiswa dari Indonesia dan trik-trik jitu untuk bisa melanjutkan studi di Prancis tanpa mengeluarkan biaya kuliah. Menurut Nur Fitria saat ini telah 90% mahasiswa Indonesia kuliah di Prancis tanpa biaya.

Pada gambar di bawah ini dapat dilihat perbandingan jumlah mahasiswa yang membayar dan mahasiswa yang dibiayai pemerintah Prancis.

 

 

 

Berikut ini beasiswa-beasiswa yang bisa diperoleh mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke Prancis:

 

Setelah pemaparan dari Nur Fitria dilanjutkan dengan berbagi pengalaman dari Satria Hidayat peserta IISMAVO tahun 2023 di Prancis. Satria Hidayat merupakan mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi PNP. Pada sesi diskusi peserta sosialisasi sangat antusias untuk bertanya kepada Nur Fitria ditambah dengan cerita pengalaman dari Satria Hidayat menambah antusias peserta.

Diharapkan melalui sosialisasi ini akan membuka minat dari lulusan PNP untuk melanjutkan pendidikan di Prancis.

 

 

Humas PNP 2024